BUPATI SERAHKAN DP4 KE KPUD : DATA UNTUK PEMILUKADA BUPATI DAN WABUP

Humas dan Protokol, 28-01-2013


Bupati Bangka H Yusroni Yazid SE MM menyerahkan data DP4 dalam bentuk Compact Disc kepada Ketua KPUD Bangka. (ft/lutfi)

Bupati Bangka H Yusroni Yazid SE MM, Senin (28/1) menyerahkan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) kepada Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Bangka dalam hal ini Ketua KPUD Bangka H Matzen Matyasin untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2013 di Ruang Kerja Bupati. Tampak mendampingi bupati Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Drs Rahmat Gunawan M.Si dan Kabag Humas dan Protokol Setda Bangka Zakki Kazonli SH MH. Kegiatan penyerahan DP4 tersebut ditandai dengan penandatanganan berita acara dan penyerahan data DP4 dalam bentuk Compact Disc (CD).

Bupati dalam kesempatan tersebut mengungkapkan pelaksanaan Pemilihan Umum Daerah (Pemilukada) Bupati dan Wakil Bupati akan dimulai dalam beberapa bulan lagi. Untuk itu perlu persiapan yang matang dan data yang akurat sehingga tercipta pemilukada yang demokratis dan dapat dipertanggungjawabkan.

"Hari ini kita serahkan DP4 kepada KPU untuk langsung diproses dan dapat dipergunakan dengan semestinya sehingga terwujud pemilu yang akuntabilitas dan dipertanggungjawabkan," jelas bupati dihadapan ketua kpu dan anggotanya.

Ditambahkan bupati data DP4 ini diambil dari perekaman Data E-KTP dari pihak kecamatan. Hal ini ungkap bupati lagi sangat valid karena data E-KTP diambil dari sidik jari dan iris mata sehingga tidak ada penggandaan data atau manipulasi data.

"Data DP4 ini valid karena diambil dari perekaman data E-KTP yang diambil dari sidik jari dan juga iris mata sehingga kecil kemungkinan dimanipulasi,"jelas Pak Bupati lagi.

Sementara itu Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bangka Drs Rahmat Gunawan menjelaskan penyerahan DP4 dari pemerintah kepada KPUD ini merupakan salah satu tahap dalam Pemilukada Bupati dan Wakil Bupati tahun 2013.

"Seharusnya penyerahan DP4 ini hari Minggu, 27 Januari 2013, tapi karena hari Minggu, jadi penyerahannya dilaksanakan hari ini, (Senin-red)," terang Rahmat ketika dikonfirmasi.

Dijelaskannya jumlah mata pilih yang ada sebanyak 258.989 mata pilih yang diambil dari perekamana data E-KTP dan juga penambahan penduduk dari Pangkalpinang masuk ke Kabupaten Bangka yakni penduduk Desa Kace.

"Data ini insyaallah valid karena diambil dari perekamanan E-KTP, dan berharap masyarakat juga proaktif untuk melakukan perekaman," harap Rahmat. (Lutfi)


Berita bulan Januari Tahun 2013 :