Hotel dan Pariwisata

Alasan dikembangkannya pariwisata di Kabupaten Bangka karena Bangka merupakan daerah kepulauan yang memiliki potensi perairan laut sebagai sumber hasil laut dan sebagai daerah pariwisata pantai. Hal ini ditunjang oleh lintasan perhubungan laut, udara yang potensial dan ekonomis.

Kabupaten Bangka merupakan potensi wisata yang cukup menarik seperti pantai, air panas, peninggalan sejarah, batu belubang dan gunung/ perbukitan. Sebagai penunjang kegiatan kepariwisataan  tersebut,  di  Kabupaten Bangka terdapat 22 sarana hotel dan akomodasi yang terdiri dari 5 hotel berbintang dan 17 hotel/penginapan Melati.

Pada tahun 2011 para wisatawan mancanegara yang datang dan melapor ke Kantor Imigrasi Pangkalpinang sebanyak 22 orang yang berasal dari, RRC 14 orang, Belanda 1 orang, Jerman 3 orang dan Vietnam 1 orang. Sedangkan jenis visa/izin tinggal yang mereka gunakan umumnya  adalah visa kunjungan usaha, izin tinggal terbatas (ITAS), dan visa kunjungan sosial budaya.

 

Tabel :

  1. Nama Pantai/Objek Wisata dan Daya Tarik Wisata di Kabupaten Bangka Tahun 2011.

  2. Jumlah Akomodasi Hotel/Penginapan Menurut Kecamatan dan Klasifikasinya di Kabupaten Bangka Tahun 2011.

  3. Nama Jasa Akomodasi Hotel/Penginapan Menurut Lokasi Kecamatan dan Alamat di Kabupaten Bangka Tahun 2011.

  4. Jumlah Hotel/Losmen Menurut Kecamatan, Jumlah Kamar dan Tempat Tidur di Kabupaten Bangka Tahun 2011.

  5. Jumlah Tenaga Kerja pada Hotel Berbintang dan Melati Menurut Kecamatan di Kabupaten Bangka Tahun 2011.

  6. Jumlah Tenaga Kerja Berdasarkan Tingkat Pendidikan pada Hotel Berbintang dan Melati Menurut Kecamatan di Kabupaten Bangka Tahun 2011.

  7. Jumlah Tamu Asing dan Domestik yang Datang Menurut Kecamtan dan Klasifikasi Hotel di Kabupaten Bangka Tahun 2011.

  8. Jumlah Kunjungan Wisatawan Mancanegara yang Masuk (Datang dan Melapor ke Kantor Imigrasi Pangkalpinang) ke Kabupaten Bangka Menurut Kebangsaaan dan Jenis Visa/Izin tinggal Tahun 2011.

  9. Jumlah Kunjungan Wisatawan Mancanegara yang Masuk (Datang dan Melapor ke Kantor Imigrasi Pangkalpinang) ke Kabupaten Bangka Menurut Kebangsaan dan Jenis Kelamin Tahun 2011.

  10. Alamat Perusahaan Pengguna Tenaga Kerja Asing (TKA) di Kabupaten Bangka dalam Wilayah Kerja Kantor Imigrasi Pangkalpinang Tahun 2011.

  11. JUMLAH PENDAPATAN SEKTOR PARIWISATA DI KABUPATEN BANGKA TAHUN 2011.