Obyek Wisata Sejarah di Bangka

Situs Kota Kapur

Situs ini terletak di Desa Kota Kapur Kecamatan Mendo Barat,tempat ditemukannya prasasti (batu bertulis) yang disebut Lingga dan Batu Yoni. Peninggalan sejarah Sriwijaya yang dulu mengirimkan utusannya untuk memberantas para perampok dan pemberontak

 

Makan Depati Bahrin

pict8956_277Makam ini terletak di desa Kimak Kecamatan Merawang. Lokasi ini dapat ditempuh sekitar 30 menit dari Kota Sungailiat. Depati Bahrin adalah salah seorang pahlawan Bangka yang menentang penjajahan Belanda. Kuburan di bawah pohon durian yangn sangat besar ini merupakan bagian tak terpisahkan dari Upacara Adat Mandi Belimau.

 

Tugu Pahlawan 12

Monumen peringatan gugurnya 12 tentara keamanan rakyat melawan penjajah pada tanggal 12 Pebuari 1946 ( bertepatan dengan 12 Rabiul Awal 1365 H ) pukul 12.00 di km 12 Petaling.

 

Situs Kota Waringin

Peninggalan sejarah Raja Siak sebagai benteng pertahanan pengikut Demang Singayudha.

 

Benteng Kuto Panji

pict1484_277Bangunan peninggalan hartawan yang bernama Kapitan Kang / Bong Kiung Fu sebagai benteng terhadap serangan bajak laut. Dipercaya bahwa harta kekayaannya masih terpendam disekitar reruntuhan tersebut.

 

Rumah Adat

pict0313_277Peninggalan seni bangunan rumah gaya Melayu di Bangka yang telah ada sejak abad ke-15 dan berkembang dengan pengaruh cina, Arab dan Eropa sesudah perang dunia pertama.