Berdayakan Potensi, Desa Tiang Tara Siap Bersaing Dengan Desa Lain

Desa Tiang Tara ang masuk dalam Kecamatan Bakam Kabupaten Bangka mempunyai potensi yang sangat banyak untuk dikembangkan sehingga bisa menjadi modal untuk meningkatkan pendapatan dan ekonomi keluarga. Diakui Dial, sebagai kepala desa Tiang Tara, sekarang ini desa yang dipimpinnya ini berupaya untuk meningkatkan kulaitas sumber daya manusia dan sumber daya alam yang layak untuk dikembangkan.
"Kita sekarang ini berusaha untuk mengembangkan potensi desa, baik dari segi masyarakatnya, maupun sumber daya alam dan olahannya," ungkap Dial, ketika hadir dalam penyerahan sapi gaduh dan mesin pencacah untuk mewujudkan swasembada pangan dan mensukseskan upaya khusus sapi indukan wajib bunting (Upsus SIWAB) oleh Bupati Bangka H. Tarmizi Saat, Sabtu (12/8/17) di Dusun Paket Tiga Desa Tiang Tara Kecamatan Bakam Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.
Diuraikan Dial yang masih bujangan ini, sekarang ini selain SDMnya, desa yang pimpinnya ini berupaya mengembangkan sumber daya alam untuk sektor pariwisata seperi Bukit Pret dan hutan desa.
"Kita mulai bergerak sekarang ini, kedepannya juga akan dibuka juga pasar UMKM yang menampung hasil produk olahan para ibu - ibu dan pkk," katanya.
Selain itu juga, Dial mengatakan produk olahan yang menjadi unggulan Desa Tiang Tara adalah berbahan singkong dan telah banyak dipasarkan ke luar Desa Tiang Tara dan sekitarnya.
"Kita promosikan berbagai media, kemarin di Bangka Expo juga, kita tampilkan," katanya.
Kedepan juga, Dial berharap, desa Tiang Tara ini dapat bersaing dengan desa lainnya, karena potensi yang dimiliki banyak dan bisa dikembangkan.

"Saya ingin desa ini bisa berkembang, dan di dusun Paket Tiga ini, walaupun memang milik perusahaan, namun dapat bersinergi dalam membangun dan mengembangkan desa," tukas Dial.

Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
Lutfi Adam
Fotografer: 
Lutfi Adam
Editor: 
Lutfi
Tags: 
Berita Daerah