Bupati Bangka Gelar Silaturahmi Bersama Tokoh Lintas Agama

Bupati Bangka Tarmizi Saat menggelar silaturahmi dan buka puasa bersama dengan Forum Kerukunan Umat Beraga ( FKUB ) dan Huria Kriten Batak Protestan ( HKBP ) , Minggu (18/6) di rumah dinas Bupati Bangka di Sungailiat.

Pertemuan yang berlangsung penuh keakraban tersebut menyatukan antara tokoh lintas agama, yang mencerminkan kerukunan hidup beragama di kabupaten Bangka.

Anggota DPR RI asal pemilihan Bangka Belitung Rudianto Tjen yang hadir dalam pertemuan tersebut menilai, silaturahmi yang terjalin dalam pertemuan ini untuk pertama kalinya terjadi di Indonesia dalam momentum bulan Raadhan.

“ Satu - satunya  di Indonesia hal ini baru terjadi semua pemimpin lintas agama bertemu yang diprakarsai Presiden HKBP Pendeta DR Darwin Lumban Tobing bersama HKBP yang ada di kabupaten Bangka,” ungkapnya.

Anggota Komisi I DPR RI ini memberikan apresiasi kepada Bupati Bangka Ir HTarmizi H. Saat MM yang telah memfasilitasi pertemuan lintas agama dan melakukan berbuka puasa bersama.

“ Saya sering keliling di seluruh Indonesia hanya kabupaten Bangka yg pertama kali melaksanakan pertemuan seperti ini yang mencerminkan kerukunan hidup ummat beragama sehingga tidak salah Lemhanas kalau PKL nya di Bangka dikarenakan kerukunan antar ummat beragama sangat baik dibandingkan dengan  provinsi lainnya dan ini harus dilanjutkan dan dijaga dengan baik,” paparnya.

Kesempatan itu Ketua DPRD Kabupaten Bangka Parulian, S.Ip menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Bangka yang telah dengan senang hati merima silaturahmi dan berbuka puasa bersama dengan HKBP beserta FKUB kabupaten Bangka.

Diakui Parulian silaturahmi ini yang pertama terjadi di Indonesia dan menandai bahwa kabupaten Bangka penuh dengan keragaman namun tetap satu dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika.

Sedangkan Ketua FKUB Kabupaten Bangka Husein Jais menyambut baik keingginan HKBP bersilaturahmi dan berbuka bersama dirumah dinas Bupati Bangka.

“ Kegiatan ini dasambut baik oleh Bupati Bangka dan alhamdulillah dapat terlaksana dengan baik,” ujar Husin Jais.

Sebagai tuan rumah Bupati BangkaTarmisi Saat menjelaskan, setiap bulan Pemkab Bangka rutin melakukan pertemuan dengan FKUB untuk membahas permasalahan yang terjadi di kabupaten Bangka.

“ Terima kasih semua pemimpin agama yang hadir dalam silaturahmi dan berbuka puasa bersama dirumah dinas ini,” ucapnya.

Menurut Tarmizi, semua perayaan agama di kabupaten Bangka berjalan dengan baik dan kehidupan ummat beragamanya sangat rukun.

“ Bila perayaan Idul fitri, ummat agama lain datang demikian pula perayaan Imlek kita juga datang, natal dan tahun baru saling mengunjungi,” ungkapnya

Dkatakan Bupati, di kabupaten Bangka masyarakatnya sangat heterogen namun saling mengargai serta memiliki rasa toleransi yang tinggi.

Diharapkannya kerukunan antar ummat beragama di kabupaten Bangka serta kehidupan berbagai suku baik suku Jawa, Batak, Madura dan lain – lain selalu bersatu untuk dapat menjaga kondisi kabupaten Bangka yang damai dan selalu menjaga toleransi anar ummat beragama.(Boy/Humas)

 

Sumber: 
Humas Bangka
Penulis: 
Boy Yandra
Fotografer: 
Boy Yandra
Editor: 
Rustian Al Ansori
Tags: 
Warta Berita