Bupati Tinjau Pilkades Zed dan Balunijuk

Pemilihan Kepala Desa serentak (Pilkades) pada 9 (sembilan) desa di Kabupaten Bangka, Kamis (12/10/17) mendapat perhatian khusus dari Bupati Bangka H. Tarmizi Saat. Orang nomor satu di Kabupaten Bangka tersebut melakukan peninjuan langsung ke beberapa desa yang melakukan pilkades seperti di Desa Zed dan Desa Balunijuk. Selain itu juga mantan sekda Bangka ini melihat langsung masyarakat menggunakan hak pilihnya dan menyaksikan perhitungan suara untuk memilih kepala desa untuk enam tahun mendatang.

“Pilihlah sesuai dengan hati nurani, gunakan hak pilih, karena masa depan desa di tangan masyarakat juga,” ungkap bupati ketika melakukan peninjauan Pilkades Zed Kecamatan Mendobarat usai menghadiri kegiatan KB Kesehatan di Desa Sempan Kecamatan Pemali;, Kamis (12/10/17).

Dikatakan mantan sekda Bangka ini, pilkades memilih kepala desa ini merupakan bagian dari pesta demokrasi dalam lingkup pemerintahan desa.

“Siap menang dan siap kalah, yang menang jadilah kepala desa yang amanah dan yang belum terpilih siap membangun bersama membantu kepala dan aparat desa,” harap bupati ketika meninjau ke beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Desa Zed kecamatan Mendobarat dan desa Balunijuk di Kecamatan Merawang

Selain itu juga, bupati di sela-sela peninjauan mengharapkan masyarkat dapat pro aktif dan ikut memantau juga jalannya pemilihan, pemungutan dan perhitungan suara.

“Semoga pelaksanaannya jujur dan adil dan memegang teguh asas demokrasi untuk mewujudkan tata kelola desa yang baik dan kepala desa yang diinginkan oleh masyarkat. Petugas juga harus bisa bekerja dengan baik dan sesuai aturan dan sumpah yang telah diucapkan,” kata bupati.

Sementara itu peninjauan pilkades di desa lainnya dilaksanakan juga tim dari Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa serta dari tim kecamatan dan unsur muspika kecamatan juga.

Pemilihan kepala desa telah memasuki tahap pemugutan suara dan perhitungan suara. Untuk penetapan dan pelantikan serta pengambilan sumpah jabatan kepala desa akan dilaksanakan pada akhir bulan Oktober 2017.

Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
Lutfi Adam
Fotografer: 
Lutfi Adam
Editor: 
Lutfi
Tags: 
Berita Daerah