Desa Air Ruay Andalkan Sektor Jasa Dan Perdagangan

Menjadi desa penyangga untuk Kota Sungailiat, membuat Desa Air Ruai Kecamatan Pemali Kabupaten Bangka terus membenahi daerah dan masyarakatnya sehingga lebih baik lagi kedepan. Selain itu juga ketertiban dan keamanan desa terus ditingkatkan dan diwujudkan sehingga tercapai visi misi desa.
Menurut kepala Desa Air Ruai, Sui An Andi Yanto, desa yang merupakan salah satu desa pembatas antara kecamatan Sungailiat dan Kecamatan Pemali ini, mendukung pembangunan kota Sungailiat dan menjadi daerah penyangga.
"Kita banyak bergerak di sektor jasa, berjualan, buka usaha toko dan lainnya," jelas Andi Yanto, ketika ditemui dalam kegiatan Safari Ramadhan Pemkab Bangka yang dihadiri Bupati Bangka H. Tarmizi Saat di Masjid Al Muhajirin Desa Air Ruay, Sabtu (17/6/17).
Diuraikan And Yanto, selain sektor jasa dan perdagangan, masyarakat desa Air Ruay juga sekarang ini banyak melakukan pembudidayaan ikan air tawar dengan memanfaatkan bekas penambangan.
"Sekarang kita giatkan juga perikanan air tawar, sudah mulai banyak di desa ini, budidaya ikan lele, mujair dan sapil juga, ya memanfaatkan kolong bekas tambang itu," ungkap Andi Yanto.
Sementara itu untuk pemeberdayaan masyarakat, sekarang ini juga pemerinatah desa Air Ruay juga secara pro aktif bekerjasama dengan PKK Desa terus menggiatkan usaha yang sifatnya ekonomi untuk meningkatkan pendapatan keluarga.

"Kita berikan pelatihan, mulai menganyam, menjahit, ada las bubut dan lainnya, pembuatan pangan lokal juga. dana ADD kita Rp 1 milyar, jadi kita manfaatkan untuk kemajuan dan pembangunan masyarakat dan desa Air Ruay.," tukas Sui An Andi Yanto.

Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
Lutfi Adam
Fotografer: 
Lutfi Adam
Editor: 
Lutfi
Tags: 
Berita Daerah