Inilah Ciri Kecambah Kelapa Sawit Yang Asli

Menurut Bachtiar Habibullah Saragih sebagai Supervisor Bahan Tanaman Dari PPKS Medan dan juga penanggungjawab wilayah Provinsi Sumatera Selatan dan Bangka Belitung, ada beberapa ciri khusus dari kecamabah kelapa sawit yang asli dan resmi.
Diakuinya, dari kecambah kelapa sawit yang asli terdapat tanda atau huruf-huruf matrik yang ada tulisannya PPKS, dari menggunakan tanda infrared.
"Jika menggunakan infrared, jadi ada ciri-cir yang tidak bisa ditiru oleh pemalsu, karena bentuknya butir-butiran, kisi-kisinya membentuk huruf, dan ada porin-porinya yang membentuk tato, dan dapat bertahan setahun," terang Bachtiar, Jumat (10/11/17) di Sungailiat.
Dikatakan Bachtiar lagi, untuk tahujn 2016 yang lalu, di Kabupaten Bangka ini telah disalurkan kecambah kelapa sawit yang asli sekitar 45 persen.
Sementara itu, Subhan, Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Bangka mengungkapkan, dinasnya terus melakukan pembinaan dan penyadaran serta pengertian kepada masyarakat untuk dapat menggunakan kecambah kelapa sawit yang asli.
"Memang yang palsu itu murah, namun hasilnya kan masih jauh dari harapan, dari segi penggunaan pupuk juga lama meresponnya, kalau yang asli cepat meresponnya, untuk itulah kita berikan pemahaman plus minusnya menggunakan yang palsu, " jelas Subhan. Untuk itu lanjut Subhan, Dinas Pertanian bekerjasama dengan Pusat Penelitian Kelapa Sawit Medan (PPKS) menyediakan kecambah kelapa sawit yang asli.

"Kita jamin, dengan kecambah yang asli, panennya juga berlimpah, dan banyak keuntungannya, jadi silahkan koordinasi dengan kita nanti, dinas Pertanian siap membantu untuk penyediaan bahan tanam seperti kecambah kelapa sawit ini bekerjsama dengan PPKS Medan," ungkap Subhan.

Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
Lutfi Adam
Fotografer: 
Lutfi Adam
Editor: 
Lutfi
Tags: 
Berita Daerah