Luas Biasa, Pemkab Bangka Borong Lima Trophi IRSA Award 2017

Setelah melakukan paparan dihadapan para juri dari berbagai elemen, seperti Kementerian Perhubungan, Kesehatan, Transportasi, PUPR, PPN atau Bappenas, Majalah SWA, Komisi Hukum dan Humas pada bulan Oktober yang lalu oleh Bupati Bangka H. Tarmizi Saat dalam penentuan penghargaan Indonesia Road Safety Award (IRSA) tahun 2017, Kamis (7/12/17), Pemerintah Kabupaten Bangka menjadi yang terbaik dengan rangking tertinggi untuk mendapatkan IRSA Award tahun 2017 dengan kategori kabupaten tingkat kepadatan penduduk rendah dengan mengalahkan kabupaten yang ada di Indonesia. Dibawah Kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Bangka, H. Tarmizi Saat dan Rustamsyah, Negeri Sepintu Sedulang ini mendapatkan lima penghargaan dengan Penghargaan terbaik pertama adalah sebagai pemerintah daerah terbaik Indonesia Indonesia dalam Tata Kelola Keselamatan jalan dengan mengalahkan 550-an kabupaten di Indonesia. Penghargaan terbaik kedua adalah sebagai Pemerintah Kabupaten dengan jalan berkeselamatan terbaik Indonesia. Penghargaan terbaik yang ketiga adalah Pemerintah Kabupaten dengan pengguna jalan berkeselamatan terbaik Indonesia. Penghargaan terbaik keempat yang diraih Pemkab Bangka adalah sebagai Pemerintah Kabupaten dengan penanangan pra dan paska kecelakaan terbaik Indonesia. Dengan keberhasilan tersebut, Kabupaten Bangka meraih tropi pemenang utama tingkat Kabupaten dengan kepadatan penduduk rendah.
Penerimaaan IRSA Award 2017 ini langsung diterima Bupati Bangka H. Tarmizi Saat, Kamis (7/12/17) di Jakarta yang diserahkan Menteri Bappenas Prof. Bambang Sumantri Bojonegoro. Tampak hadir juga kepala Dinas PUPR dan Perhubungan Kabupaten Bangka, Chairil Anwar, Kepala Bappeda H. Pan Budi Marwoto, dan lainnya.
Bupati mengungkapkan penghargaan bagi Kabupaten Bangka ini berkah tersendiri bagi Negeri Sepintu Sedulang ini.
"Alhamdullilah, banyak penghargaan yang kita dapat tahun 2017 ini, salah satunya IRSA Award ini dengan lima kategori,, semoga kita terus menjadi yang terbaik dalam hal pelayanan publik ini," ungkap Bupati Bangka usai menerima penghargaan IRSA Award.
Dituturkan orang nomor satu di Kabupaten Bangka ini, penghargaan ini juga memberikan motivasi bagi masyarakat Kabupaten Bangka untuk lebih baik lagi dan tertib dalam berlalu lintas di jalan raya.
"Dengan penghargaan ini bisa menjadi motivasi bagi kita semua untuk semakin baik lagi dalam tertib berlalu lintas di jalan raya, dan dari pemerintah sendiri, insyaallah akan terus meningkatkan infrastruktur jalan dan penunjang lainnya sesuai dengan standar yang telah ditentukan," ungkap bupati.
Selain itu juga, orang nomor satu di Kabupaten Bangka tersebut menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua elemen masyarakat mulai dari Kapolres Bangka, Bappeda, Dinas PUPR dan Perhubungan, Dinas Kesehatan, dan seluruh masyarakat Bangka.
"Lima tropi IRSA Award ini kami berikan kepada masyarakat Bangka sebagai bukti kinerja dan tanggungjawab terbaik Pemkab untuk masyarakat, juga kami sumbangkan untuk Bangka Belitung dan Indonesia dengan tertinggi lalu lintas yang lebih baik," kata bupati.
Sementara itu Kepala Bappeda Bangka, H. Pan Budi Marwoto mengungkapkan IRSA Award ini mengkompetisikan enam tropi dan penghargaan manajemen lalu lintas yang diikuti oleh 550 kabupaten dan 60 kota di Indonesia.
"Dari enam tropi tersebut, Pemkab Bangka meraih lima, sehingga berhak mendapatkan tropi bagi Pemkab Bangka terbaik di Indonesia," terang Pan Budi.
Lebih lanjut H. Pan Budi menjelaskan berbagai upaya strategis perbaikan tata kelola berlalu lintas sudah dilakukan Pemkab Bangka sejak tahun 2014 yang lalu.
"Alahmdullilah, tahun 2017 ini, menjadi berkah tersendiri bagi kita, Pemkab Bangka, semoga ini menjadi motivasi untuk Kabupaten Bangka lebih maju lagi," katanya.
IRSA Award merupakan program dari majalah SWA dan Adira Insurance sangat baik dan bertujuan untuk mengetahui dan memperoleh feedback terkait penerapan keselamatan jalan di lingkungan pemerintah kabupaten/kota. Selain itu juga program ini diharapkan kabupaten/kota dapat menerapkan manajemen keselamatan jalan yang baik dan memberikan inspirasi dan role model bagi pemerintah kabupaten lain tentang pelaksanaan manajemen keselamatan jalan yang baik, serta mendorong penerapan keselamatan jalan yang semakin baik.

Selain itu juga IRSA AWARD ini merupakan sebuah program penghargaan terhadap kabupaten/kota terbaik dalam hal penerapan program-program keselamatan jalan kerjasama dengan majalah SWA dan Adira Insurance. Ada 5 (lima) pilar yang dinilai yakni manajemen keselamatan jalan, jalan yang berkeselamatan, kendaraan yang berkeselamatan, pengguna kalan yang berkeselamatan dan penanganan pra dan pasca kecelakaan.

Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
Lutfi Adam
Fotografer: 
Irwan
Editor: 
Lutfi
Tags: 
Berita Daerah