PKK Desa se-Kabupaten Bangka Belajar Rajutan Minang

PKK Desa se-Kabupaten Bangka mengadakan kunjungan kerja atau orientasi lapangan ke PKK Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat. Kegiatan yang dilakukan Asosiasi Pemerintaha Desa Indonesia (APDESI) Kabupaten Bangka bertujuan untuk melihat langsung kreasi dan pemberdayaan PKK kabupaten Tanah Datar seperti rajutan khas Minang, kue dan lainnya.
Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bangka, Hj. Mina Tarmizi mengungkapkan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan keterampilan para ibu-ibu PKK sehingga bisa menjadi contoh bagi anggota dan masyarakat desa.
"Kita belajar dan bersilahturahmi ke Kabupaten Tanah Datar untuk tukar menukar informasi dan menambah wawasan juga seperti rajutan khas Minang dan lainnya," ungkap Mina yang juga menjelaskan tentang Kabupaten Bangka dan potensi daerah.
Diuraikan Mina lagi, Sumatera Barat ini sangat terkenal dengan kain rajutannya, sehingga PKK Kabupaten Bangka ingin melihat dan belajar langsung sehingga bisa diterapkan di Kabupaten Bangka.
"Semoga kunjungan kerja ini berdampak untuk masyarakat kita, terutama bisa diajarkan kepada ibu-ibu di Bangka," katanya.
Mina berharap juga, kedepan kegiatan ini dapat memberikan perkembangan yang baik sehingga bisa berkreasi dan dapat membantu suami dalam meningkatkan kesejahteraan.
Sementara itu,
Ketua Tim Penggerak PKK, Emi Irdinansyah Tarmizi Kabupaten Tanah Datar mengungkapkan pertemuan awal antara PKK Bangka dengan PKK Tanah Datar diharapkan mampu bekerjasama kedepannya dan bisa menjalin kerjasama lebih dalam lagi dengan meningkatkan silahturahmi, tukar menukar informasi dan juga mengenal potensi daerah masing-masing.
"Kita bersyukur, PKK Kabupaten Bangka mau datang, dan kami harapkan juga, kami bisa datang dan berkunjung lke negeri Sepintu Sedulang dan sambil mengenal budaya masing-masing," kata
Emi Irdinansyah.
Dikatakannya juga, kedepan perkembangan informasi, dan keterampilan juga terus dikreasikan antara budaya Bangka dan Minang kedepannya.
Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat mempunyai 14 kecamatan, TP PKK Nagari 75, Kelompok PKK Jorong 395 kelompok dan kelompok dasawisma 4.158 kelompok.

"Kita memperdayakan perempuan kita dengan mengajar keterampilan menjahit, rajutan, dan juga membuat kue untuk membantu keluarga dan mengangkat potensi daerah kita, semoga apa yang kita lihat dan praktek langsung hari ini, dapat diterapkan di Bangka juga," tukas Emi.

Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
Lutfi Adam
Fotografer: 
Lutfi Adam
Editor: 
Lutfi
Tags: 
Berita Daerah