Pemkab Bangka Potong 39 Ekor Sapi

Sungailiat - Perayaan hari raya idul adha 1441 H, Pemerintah Kabupaten Bangka melakukan pemotongan hewan qurban sebanyak tiga puluh sembilan ekor sapi, Sabtu (1/8/2020). Sapi tersebut merupakan sumbangan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para mitra Pemkab Bangka serta pribadi Bupati Bangka.

Sebanyak dua puluh sembilan diantaranya dipotong di Rumah Dinas Bupati Bangka dan sisanya disebar di desa kecamatan Kabupaten Bangka. Pemotongan di Rumah Dinas Bupati Bangka, disaksikan langsung Bupati, Wakil Bupati, Kapolres Bangka serta para kepala OPD beserta jajaran lainnya.

Dikatakan Bupati Bangka, Mulkan SH MH pemotongan hewan qurban yang dilaksanakan satu tempat merupakan upaya memperkuat sinergisitas dan kekompakan seluruh komponen Pemkab Bangka.

"Terimakasih kepada seluruh OPD yang telah berpartisipasi menyumbangkan hewan qurbanya. Sehingga harapan kedepannya dapat selalu kompak dalam melaksanakan berbagai kegiatan," ungkap Mulkan.

Selain jumlah sapi yang tergolong cukup banyak, yang menjadi spesial pemotongan kurban kali ini yaitu Wakil Bupati Bangka yang bertindak selaku algojo pemotongan hewan kurban. Dalam hal ini sapi Bupati Bangka juga turut disembelih secara langsung Wakil Bupati Bangka.

"Alhamdulillah kali ini kita berkurban satu ekor sapi untuk keluarga dan Wakil Bupati Bangka yang langsung memotongnya, soalnya kalau saya sendiri belum memiliki keberanian," ujar Mulkan sembari tertawa.

Jenis sapi yang dikurbankan Bupati Bangka adalah Sapi Madura dengan bobot bersih daging sebanyak 125 Kg diluar dari isi jeroan dan kepala. Daging sapi tersebut kemudian langsung di potong guna mempermudahkan proses pembagian.

Hasil pemotongan hewan qurban nantinya akan diserahkan kepada masing-masing OPD untuk dibagikan kembali kepada para pegawainnya ataupun masyarakat yang dinilai layak menerimanya. Dan sebagian lagi diserahkan kepada sebagian masyarakat yang berada di wilayah rawan stunting.

"Sebagian daging ini kita bagikan kepada masyarakat di wilayah stunting. Karena inilah salah satu bentuk dari rasa bersama, kepedulian dan saling berbagi antar masyarakat," ujarnya.

Terlebih lagi disaat pandemi corona yang memberikan dampak global di seluruh lapisan masyarakat. Sehingga bantuan akan sangat diharapkan terutama bagi masyarakat yang benar-benar terdampak hal tersebut.

Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
A Mangatas
Fotografer: 
A Mangatas
Editor: 
M.Khadafi