Dinkominfotik dan BPS Bangka Gelar Rapat EPSS Tahun 2024

Sungailiat – Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Bangka bersama Badan Pusat Statistik Kabupaten Bangka melaksanakan Rapat Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) Tahun 2024 yang dilaksanakan di di Ruang Pertemuan Parai Tenggiri Kantor Bupati Bangka, Rabu (15/5/2024).

Kegiatan rapat EPSS tersebut untuk mengukur capaian kemajuan penyelenggaraan statistik sektoral pada instansi pusat dan pemerintah daerah.

Staf Ahli Bupati Bangka Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Boy Yandra, SKM., MPH. saat membuka acara ini menyampaikan beberapa hal diantaranya tentang satu data indonesia, penyelenggaraan statistik, evaluasi penyelenggaraan statistik sektoral, dan pembinaan statistik sektoral.

Menurutnya, pelaksanaan dan evaluasi penyelenggaraan statistik sektoral ini adalah untuk mendukung data statistik yang berkualitas.

“kegiatan rapat evaluasi ini untuk mengukur capaian kemajuaan penyelenggaraan statistik sektoral, meningkatkan kualitas penyelenggaraan statistik sektoral, meningkatkan kualitas pelayanan publik di bidang statistik,” kata Boy Yandra.

“untuk outputnya berupa indeks pembangunan statistik setiap instansi pusat dan pemerintah daerah baik itu pemkot, pemkab, maupun pemprov. Sedangkan outcomenya, adalah instansi pemerintahan dapat menyelenggarakan kegiatan statistik dengan baik dengan standar internasional, dan pencapaiaan tujuan reformasi birokrasi satu data indonesia serta sistem statistik nasional yang handal, efektif dan efisien,” beber Boy Yandra.

Sementara itu Ketua Tim Penilai Internal Teddy Sudarsono dalam arahannya menjelaskan, untuk kegiatan ini sudah diatur dalam peraturan badan pusat statistik nasional nomor 3 tahun 2022 Tentang Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral.

“ini merupakan hal yang harus dilakukan, karena data statistik itu dipergunakan untuk pengambilan suatu kebijakan maka dari itu perlunya kegiatan evaluasi penyelenggaraan statistik sektoral ini. Ini berguna untuk memenuhi kebutuhan instansi tertentu dalam rangka penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan dan pembangunan yang merupakan tugas pokok instansi yang bersangkutan. Untuk itu kami sudah membuka satu portal website satu data, yaitu satudata.bangka.go.id dan silakan diupload data data dari setiap masing masing OPD di website tersebut,” jelas Teddy.

Sedangkan Kepala BPS Kabupaten Bangka Ir. Rizanal Mahmudin pada acara ini mengatakan bahwa, untuk tahun kemarin nilai indeks pembangunan statistik kabupaten bangka berada di angka 1,76 ini termasuk kurang.

“nilai ini kecil tapi kita patut berbangga ternyata rata rata kabupaten se-indonesia hanya mencapai 1,66 berarti kita berada lebih tinggi dari kabupaten yang lain di indonesia. Sedangkan untuk rata rata nasional dalam kabupaten/kota, provinsi, kementerian, lembaga instansi vertikal, dan lainnya sebesar 1,78 jadi kita hanya berada dibawah sedikit dari rata rata nasional, dengan jarak yang sedikit itu kita jangan sampai terlena, harusnya di tahun ini kita bisa meningkat dari 1,76 menjadi minimal 2,6 atau lebih,” kata Rizanal.

Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
Dolly
Fotografer: 
Dolly
Editor: 
M. Khadafi